Sikapi Situasi Terkait Covid-19, Camat Makale Gelar Rapat Koordinasi.

Sikapi Situasi Terkait Covid-19, Camat Makale Gelar Rapat Koordinasi.

Menyikapi situasi terkait penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 di Kecamatan Makale, hari ini Selasa (24/3) Pemerintah Kecamatan Makale Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bertempat di Kantor Kecamatan Makale yang dipimpin langsung oleh Camat Makale, Letris Parubak, S. STP.
Hadir dalam Rapat Koordinasi ini Kapolsek Kecamatan Makale, Komandan Koramil 1414-01 Makale, Para Lurah dan Kepala Lembang, Kepala Pasar Makale, Para Babhinkamtibmas dan Babinsa Se- Kecamatan Makale, Dan petugas dari Puskesmas Makale.
Dalam kesempatan tersebut Camat Makale menyampaikan beberapa hal yang harus segera di tindaklanjuti demi memutus rantai penyebaran Virus Corona

  1. Meniadakan terjadinya pengumpulan massa dalam jumlah banyak, baik untuk kegiatan keagamaan, hajatan dan kegiatan masyarakat lainnya.
  2. Membatasi operasional pusat perbelanjaan dan tempat usaha lainnya (warung, toko, cafe), dan mengatur mekanisme berbelanja sesuai instruksi Bapak Bupati.
  3. Kegiatan Usaha Pariwisata milik pemerintah di tutup sementara.
  4. Membatasi usaha pariwisata dan hiburan yang dikelola oleh swasta.

“Dengan adanya hal-hal tersebut diatas, kita berharap masyarakat Kecamatan Makale, dapat mengerti dan memahami situasi dan kondisi perkembangan saat ini. Hal ini adalah untuk kebaikan bersama.”ujar Letris

Dalam kegiatan itu juga disusun rencana penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan jalan melakukan penyemprotan di setiap wilayah Kelurahan/Lembang.
Sementara itu Kapolsek Makale juga menyampaikan penegasan dari Kapolres Tana Toraja, bahwa tidak akan mengeluarkan izin keramaian bagi siapapun untuk sementara waktu.
Ditempat yang sama, Petugas Puskesmas Makale, Alfrida, menyampaikan berbagai langkah strtageis yang telah dilakukan pihaknya terkait permasalahan Covid-19.
“Kami dari Puskesmas Makale bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta stakeholder lainnya, sudah melakukan langkah-langkah strategis di lapangan termasuk melakukan sosialisasi terkait hal ini ini dengan menggunakan Flyers dan pamflet serta Banner agar masyarakat dapat lebih memahami kondisi yang sedang dihadapi saat ini.”Ujar Alfrida.

Diakhir kegiatan Camat Makale mengatakan, “bahwa di tengah merebaknya virus Corona ini diharapkan kita tidak perlu panik, melainkan selalu lakukan hidup sehat yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan masker bila batuk dan pilek.”tutur Letris.
Rapat koordinasi ini selain untuk memberikan gambaran penyebaran virus juga meminta para Lurah/Kepala Lembang serta stake holder lainnya untuk terus memantau berbagai perkembangan di wilayahnya masing-masing.
Sebelum Menutup Rapat Koordinasi tersebut, Camat Makale menekankan agar masyarakat menaati betul imbauan untuk meniadakan atau menghindari kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa. “Tindakan ini bukan bertujuan untuk melarang aktivitas keagamaan atau budaya, namun langkah yang diambil untuk melindungi masyarakat luas. Selain itu saya berharap agar masyarakat membatasi kegiatan di luar rumah kecuali untuk hal darurat. Jangan anggap remeh urusan ini,”tutupnya.

<Fuad. A>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *